Pages

Selasa, 11 September 2012

Hutang Wesel & Obligasi

Wesel dan Obligasi sama-sama jenis hutang namun terdapat perbedaan-perbedaan diantara kedua jenis hutang ini. baik jangka waktunya ataupun kauntungan dan kerugian yang akan di dapatkan. (ya iyalah, kan dari namanya aja udah beda !!!)

Hutang Wesel termasuk jenis hutang jangka pendek (udah baca postingan saya tentang macam-macam hutang kan?). secara singkat hutang wesel merupakan hutang yang jangka waktunya pendek. biasanya wesel digunakan untuk memenuhi permodalan perusahan untuk keperluan kegiatan operasional. hutang wesel biasanya di dapatkan dari satu kreditur saja. namun ada kelemahan di balik kelebihan wesel yaitu harus cepat- cepat mengembalikan hutang tersebut dalam jangka waktu yang pendek.

Berbanding terbalik dengan hutang wesel ada hutang Obligasi. yakni jangka waktunya lebih panjang (lebih dari 1 tahun) dan dalam jumlah nominal yang lebih besar. digunakan untuk memenuhi permodalan jangka panjang ataupun untuk digunakan sebagai investasi perusahaan. karena kebutuhan jumlah nominal hutang yang lebih banyak maka biasanya obligasi diperoleh dari banyak kreditur, bahkan bisa bisa didapat dari badan usaha yang lain. obligasi biasanya di jual dalam bursa efek. (ada dua busa efek di INDONESIA, yaitu di Jakarta dan Surabaya) kerugian dari obligasi adalah, keharusan membayar bunga yang besar dan dalam waktu yang terus- menerus sampai terlunasinya hutang obligasi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Sample Text

Sample text

Link Exchange

Book Shop

Berlangganan Artikel

Friend's Banners

Ads 468x60px

Social Icons

Copyright Text

animasi muka

Featured Posts